Kategori
Tak Berkategori

Antarah Ibn Syadad

Ini adalah cerita rakyat Bangsa Arab yang sangat terkenal. Setting tempat dan waktunya adalah tanah hijaz antara Mekah dan Madinah pada abad keenam masehi. Tepatnya ketika zaman Abdul Muthalib, kakek Baginda Nabi SAW.

Tokoh utamanya adalah Antarah Ibn Syadad. Budak hitam buah hati perkawinan Syadad seorang panglima perang yang sangat hebat dengan budak perempuannya (amat) bernama Zabibah.

Mereka hidup di kabilah bani Absin yang setelah kematian khuzaimah (pimpinan kabilah), putra tunggalnya yang bernama Zuhair meneruskan kepemimpinan Ayahandanya bahkan merubah sistem kabilah ini menjadi kerajaan. Zuhair putra khuzaimah ini kemudian menyebut dirinya sebagai raja.

jika kamu membaca cerita kisah ini, akan kau temukan betapa manusia pada zaman itu dipisahkan dengan kasta-kasta yang akal kita di zaman sekarang sangat menentang dan menolaknya. Terutama kerkait dengan budak. Budak pada zaman itu betul-betul diperlakukan mirip dengan binatang. Tak ada kebebasan. Antarah yang merupakan anak seorang amat secara otomatis nasabnya ikut ibunya. Dia menjadi budak dan Syadad tidak mau menganggap dia anaknya. Maka meskipun Antarah ini adalah darah dagingnya, namun secara kasta dia adalah budak dan harus tunduk juga patuh kepada perintah tuannya.

Antara yang budak ini kemudian dalam perjalanan hidupnya mencintai seorang putri bangsawan sangat cantik yang sialnya dia adalah putri dari adik lelakinya Syadad. Dengan bahasa lain, putri dari pamannya sendiri. Sistem kasta yang berlaku di tanah arab waktu itu jelas sangat menolak hubungan budak dengan putri bangasawan meskipun sang putri begitu mencintai dan menyukai budak tersebut.

Kisah Antarah ini beredar antara Antarah yang sangat kuat sekaligus penyair ulung yang dengan kalimat-kalimat indahnya ia mampu menyihir semua orang. Yang dengan keberaniannya dia mampu menguasai dan mengalahakn banyak kabilah. petualangan kisah ini adalah berhasilkah Antarah menikah dengan Ablah? baca bukunya atau kau tonton musalsalnya di youtube. Selamat menikmati!

Ablah binti Malik, wanita yang membuat Antarah menyenandungkan banyak syiir,,

Facebook Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *