Istiqamah Itu Memang Susah !

Oeleh karena susahnya istiqamah ini, para ulama mengatakan ia lebih baik dari seribu karamah. Kamu tentu tahu apa itu karamah. Iya, karamah adalah hal luar biasa di luar kebiasaan manusia pada umumnya yang muncul dari orang biasa. Biasanya, karamaha ini dimiliki oleh para wali. Kamu mungkin pernah mendengar seorang bisa berjalan di atas air. Ada juga yang bisa terbang. Ada juga yang bisa menghilang dan hal-hal lain di luar kebiasaan manusia pada umumnya. Jika orang-orang yang bisa melakukan hal-hal tersebut adalah orang yang secara syariah dia shalat dan mengerti ilmu agama bisa jadi dia seorang walinya Gusti Allah. Kekasihnya Gusti Allah yang semua kebutuhannya Allah cukupi. Orang-orang yang sudah menjadi kekasihNya ini, jika ia berdoa maka doanya diijabah. Jika ia menginginkan sesuatu dengan sangat mudah ia bisa mendapatkan sesuatu tersebut. Orang-orang seperti ini sangat menyembunyikan kewaliannya. Oleh karena itu kita sering mendengar tidaklah wali diketahui kecuali oleh seorang wali juga. Maka kalau kita mendengar orang mengatakan bahwa fulan adalah wali dan yang mengatakan dia wali adalah orang biasa kita jangan serta merta mempercayainya.

Hal ini dilakukan agar kita tidak terjebak mengatakan seseorang itu wali (kekasih Allah), padahal dia adalah wali (kekasih) setan. Kamu tentu tahu jika setan selalu berusaha menipu manusia dengan berbagai macam cara. Untuk orang-orang biasa yang suka dengan hal-hal mistis, setan menjebaknya dengan memperlihatan hal-hal tesebut hingga mereka terkagum-kagum dan jika sudah terkagum dengan hal mistis tersebut setan akan memerintahkan pelaku tersebut untuk tidak shalat. Bisikan bahwa shalat adalah perkara dzahir bukan esensial dan yang paling penting adalah hati yang baik meskipun tidak shalat. Oleh karena itu, dalam menyikapi hal-hal yang di luar kebiasaan manusia standar yang harus kita pakai untuk menilai orang tersebut wali atau bukan adalah dengan perkara syariahnya dia lakukan atau abaikan. Jika dia tetap berpegang teguh dengan syariah bisa jadi dia seorang wali Allah.

jadi, karamah adalah kemampuan di luar kebiasaan manusia yang muncul dari orang biasa. Nah, orang biasa ini bisa jadi seorang wali. Kekasihnya Gusti Allah. Tapi jika kemampuan-kemamppuan hebat ini muncul dari para nabi dan rasul maka itu disebut dengan mukjizat. Fungsi mukjizat ini adalah untuk membuktikan kalau mereka adalah betul-betul para utusan Allah.

Dari beberapa paragraph di atas, ada dua istilah yang harus kamu pahami dengan baik. Yang pertama adalah karamah dan yang kedua adalah mukjizat. Semuanya adalah hal-hal hebat di luar kebiasaan manusia. Bedanya dari mana kemampuan hebat ini muncul.

Bagi kita orng-orang biasa yang bukan nabi dan juga bukan wali Allah yang tentu karamah dan mukjizat tidak mungkin bisa kita miliki, ada kabar gembira kita juga bisa memiliki nilai hebat tersebut jika bisa melakukannya. Tidak lain dan tidak bukan adalah istiqamah.

Istiqamah berasal dari bahasa arab yang artinya lurus. Lurus itu tidak bengkok dan menyimpang. Orang istiqamah adalah orang yang lurus dan tidak menyimpang. Oleh karena itu agama islam disebut dengan siratal mustaqim, jalan yang lurus.

Adapun istiqamah yang dimaksud ditulisan ini adalah istiqamah untuk melakukan kebaikan meski kebaikan yang dilakukan itu sedikit. Jadi, semisal kamu bisa mempertahankan kebiasaan membaca setiap hari 10 menit misalnya. Jika itu dilakukan setiap hari betul-betul, selama satu minggu sudah 70 menit kamu membaca. Satu bulan 280 menit dan satu tahun 3.360 menit alias 56 jam atau setara dengan dua hari lebih dalam satu tahun kamu membaca buku dalam satu tahunnya. Ini lebih baik misalnya jika dibandingkan dengan ketika sangat semangat sekali membaca buku, kamu membaca dalam satu kali duduk selama 30 menit. Namun setelah itu berhenti membaca buku dan baru membaca lagi tahun depan.

Karena istiqamah itu memang susah. Seperti menulis di tempat ini misalnya. Padahal dari awal buat akun ini, tujuan dan niatannya adalah untuk melatih dan membiasakan menyampaiakan gagasan dan ide lewat bahsa tulis. Ketika duduk di depan layar dan jari mulai mengetik idebisa tersampaikan dan tertuangkan. Hingga kamu membaca atulisan ini, di huruf ini, adalah bukti mampu menulis. Coba kalau setiap hari bisa istiqamah nulisnya, mungkin satu buku sudah tercipta sejak pertama kali membuat akun ini. Sekali lagi Istiqamah itu memang susah ! Oleh karenanya ia lebih baik dari seribu karamah.

Facebook Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.